20081221

Mama!! Im so glad its over!! Wheewh..

Itulah teks perciss sms dari si cantik mbak Is anak gue yang gede saat hari terakhir exam- nya dia...kelihatan legaaaa banget ya...hehe.. ( ** siapa suruh mbak stress hehe.., maaf mama ngaco' hhe**)

Gue yakin akhir2 ini teman2 yg sudah punya anak yg sekolah pasti juga test/ ujiannya berakhir ya...ada yg udah 2 minggu lalu seperti anak gue, atau ada yag baru minggu ini..

Lalu biasanya next quetion-nya, gimana nilai ujiannya, bagus? Hehehe... Terus terang ini yang jarang tanya ke anak2 gue. Gue lebih menekankan "proses" apakah dia sudah melakukan yg terbaik ( do the best that she can do/ belum), dan gue ingin memastikan dan mendukung dia bisa do her best ( dua2nya, ya mba Is yang si ade Tiara)..

Kalo udah selesai ujian, keluar hasil ya sudah... Kita lihat nilainya-- dan bandingkan tidak dengan orang lain -- tapi dengan dirinya sendiri, nilai yg dperoleh sebelumnya... Kalo kurang baik, biasanya gue tanya, mbak/ade sudah tahu mana yg kurang jelas, dan yang benar bagaimmana? so basiccally, facilitate mereka untuk belajar dari kesalahannya/ kekurangannya sendiri. And it is OK untuk salah atau kurang, asal kita belajar dari situ untuk lebih baik next time- nya...

Nerusin anak gue si cantik mbak Iris, dia lalu bertanya " lalu aku mau ngapaiiiin " yaa....hehehe... Saat ujian dia seriuuusss dan (almost every day) ngerasassa gak bakal lulus dan selalu bilang bener mom kali ini aku jelek nih nilainya... ( khas-nya dia selalu bilang gitu pas pulang rumah dari ujian .. dan itu disampaikan almost everyday.... gue cuma tinggal peluk aja dia supaya tenang hehe)...

Ternyata begitu keluar hasilnya alhamdulillah nilai2nya alamak....subhanallah deh!!.. pokoke gue banggaa bangeett dan gak heran kalo dia jauuuh lebih berasil dari gue si emaknya yg udah ngerasa ok dengan apa adanya ini...hehehe. Yang gue reallyproud of her, juga adalah kalo pas nilainya turun.. dan gue tahu dia sudah done her best, biasanya gue lalu komen: ".. gak apa, kalo nilai kurang bersyukur itu tandanya mbak is benar2 belajar ( itu gunanya sekolah..), dan.... ( belum gue selesai omong)... (dia lalu nyeletuk : ).."bersyukur berarti ada sesatu yang bisa diimprove..." ( ooohhh...gue terharu gak nyangka anak gue komentar begitu.... begitu menghargai dan bersyukur apa yang ada dan punya spirit belajar tinggi ... )** tears..tears


It is a process that matter most! Karena relatif kita bisa lebih kontrol proses ( rajin belajar, aktif bertanya di kelas, mengulang pelajaran, disiplin dn konsisten, etc). Sementara sisi hasil? apa bisa sepenuhnya kontrol? apa kita bisa kontrol guru kasih nilai berapa? ya kontrolnya dri proses belajarnya khan, so menurut gue proses lebih utama dari hasil... tentu dengan proses yg benar kita berharap hasil yg bagus-lah. tapi sometimes (or manytimes ya) dunia tidak black and white...hehe, justru itulah kita fokus pada apa yang relatif bisa kita kontrol...ya gak?

** again...ilove you nak, i am really proud of you!. ** Semoga sedikit bisa memberikan inspirasi buat teman2

Salam proses,
Maya

2 komentar:

vita mengatakan...

Hi bu,

baca artikel ini, jadi inget waktu masi sekolah dulu :D yang jadi target pasti nilai bagus dan slalu pgn jadi yang terbaik..Kalau ujian,pasti deh mlm sebelumnya susah bgt tidur, mikirin besoknya gimana, takut ga bisa jawab soal ujian,bahkan sampe kebawa mimpi segala,hehehe..Tapi setelah lulus sekolah, jadi kangen dengan deg2an pas mau ujian :P (ps. Tiara n Iris, dinikmati aja yahh,hehehe..)
Kalau bisa balik ke masa sekolah dulu atau kalau ada kesempatan sekolah lagi (mode berharap on :P),pendapat ibu ttg yang paling penting bukanlah nilai yang qta dapat, tapi adalah proses saat mendapatkan ilmu tsb dan bahwa qta sudah berusaha yang terbaik untuk mendapatkan nilai tsb pasti akan aku jadikan pegangan :) Thanks 4 the lesson,bu..

Maya Soeharto mengatakan...

ok vitha, syukurlah kalo ada manfaat..mau sekolah apa lagi vit? wah tambah pintar nan cerdas donk ntaar....good! makasih banyak ya vit n take care,