20081213

Mom, I am already 13!

###Itulah reaksi spontan anak gue yang kecil si cantik Tiara ketika gue habis meluuuk dan ciummm dia sekian menniiit…,lalu (biasa) gue mulai serakah hihi...berusaha minta x-tra cium lagi sambil teruusss gak mau lepas pelukannya.. malah tambah erattt dan lamaaaaa, seraya merayu dia untuk tidur di kamarku sehari aja.…hehehe...

###Lalu dia bilang "Mom, semua label obat aja selalu tertulis “ usia diatas 12 = dewasa" , lalu dia kontan ambil beberapa obat di dalam lemari obat kami, dan tunjukkin langsung petunjuk yg tertera di kotaknya obat...hihi . Dia ambil 3 obat( tempra,…,…) untuk membuktikan bahwa usia 13 itu sudah disamakan dengan dewasa, bukan anak2 lagi… huhahahah (..**gak jelas nih apa gue bener ketawa geli ato sebetulnya kepingin nangis hikihikihik…**)

###Dan seperti itulah hari-hariku berlalu...Dunia buat gue sudah terbalik. ..hehe. Dulu mereka yang ngejar-ngejar kita, sekarang kita yang ngejar-ngejar mereka untuk mendapatkan “sedikit “ kasih sayang hehe. Catatan : kata “sedikit “ di sini dalam definisi gue lho…huhahhaa. Mungkin sedikit gue bisa selaihim buat orang lain hehe…Gue emang sayang banget dengan my two angels mereka adalah oxygen buat gue. Ya gitulah ibu, mana sih ada ibu yg gak sayang anaknya....ya ga?

###Tapi jangan salah sangka, bukan berarti gue manjain abis mereka lho…Bahwa sayang dan cinta abis ke mereka itu bener, tapi gak manjain dalam arti apa aja boleh dan dibiarin semaunya.. .Gue cukup tegas tapi dng cara yang soft dan lembut (**ceileee…** komentar anak gw) Malah kadang terlalu disiplin dan tegas hehehe (** jadi ingat komentar opa almarhum dan omanya…yg berkali2 menganggap gw terlalu disiplin dng anak2ku, membatasi sepak terjang beliau …ups sorry mom and dad**) hehe …Anyway coba deh tanya anak2 gw kalo seandainya teman2 pas ketemu mereka, coba tanya mama itu gimana sih orangnya?, jawaban mereka biasanya : "mama itu orangnya lembut tapi tegas! " ( Eeh kalo jawabannya gak begitu kasih tahu gw ya hehe bisa aja itu cuma perasaan GR gue..kkk). Menurutku disiplin itu kunci untuk bisa mandiri, sementara kelembutan dan cinta kasih sayang adalah cara yg tepat untuk membentuk mereka menjadi anak yg happy dan” feel at home all the time”, Jadi mesti digabung dua ingredient itu, jadilah resep: MOM ala ME”

###Kita kompak dan alhmadulillah bisa saling bantu, dan enak dalam mnjalani hubungan2 yg ada. Apa itu sebagai ibu-anak, juga kita sebagai teman, sahabat ngobrol, bahkan beberapa kali mareka jadi my advisor (asli !). Kadang bukan aja karena gue yg minta input dr mrk, tapi juga mereka bisa spontan kasih saran ke gue tentang sesuatu yg emang lg jadi issue/butek pikiran hehe.... Gue sering amazed dng saran dan komentar yg mereka ajukan, banyak yg demikian brilliant atau malah kadang sangat basic dan sederhana tapi pokok yang gak terpikirkan oleh gue sebelumnya... Gue percaya mereka punya potensi untuk tumbuh menjadi orang yang jauuh lebih baik dan bermanfaat buat orang lain dari gue sekarang, Amin. Di satu pihak gue ngerti sih mereka udah mulai mandiri, tapi sisi lain...masih boleh dooong gue punya keinginan peluk2 mereka abis2 an seperti saat mereka bayi...he? "Moooom”?! gitu deh pasti reaksi mereka dengan nada kesal-kesal tapi ngerti banget kelakuan mamanya yg aneh ini hehe..

###Nah bagi teman2 yg dunianya belum terbalik seperti saya sekarang alias anak2nya masih relatif kecil: batita, balita or belum remaja, ada satu pesanku : nikmatilaahh semaksimaaal mungkin… nikmati detik2 detik bersama mereka, sebandel dan serewel apapun mrk, secapek apapun anda, serepot apapun kegiatan kita. …Bina hubungan sedekat mungkin dng anak2 sehingga sampai remaja-pun mereka tetap dekat dan hangat dengan kita…Terutama bagi yang punya bayi, nikmatilah saat-saat dimana baju dan badan anda jadi belepotan atau kotor terkena pipis, mpup, muntah atau ciptran makanan dari si kecil, karena itu akan menjadi memori2 yg indah yg anda akan bisa rasakan dan nikmati dan tak lupakan …persis yg saya alami sekarang.

###Masih terbayang semuanya di pelupuk mata saya dengan jelas gambaran dulu betapa nikmatnya mengurus, menyayangi dan memeluk dua anak cantik itu. Saya merasa lega sekarang bahwa saat-saat emas itu bisa saya isi semaksimal yg saya mampu…Dan betapa bahagianya saya melihat mereka sekarang tumbuh mandiri dan saling sayang menyayangi. Alhamdulillah. Cuma ya satu itu-lah penyakitku, rasanya ingin mereka tetap mau dicium dan dipeluk spt bayi! Payah deh gue..

Semoga bisa menjadi pembelajaran dan manfaat buat teman2 semua

Salam nikmati saat2 dengan si kecil,
Maya

Tidak ada komentar: