20081208

PERTANYAAN : Komunikasi OT-Anak tentang SEX

My friend Nathan : Salamlekoom, saya ada pertanyaan soal komunikasi orang tua anak. Namun sebelum bertanya, akan saya awali dengan sebuah cerita.
Suatu hari Yanto seorang bocah kelas 4 SD bertanya pada ibunya.
“Mah, dari mana asalku?”
Ibu Yanto adalah seorang wanita modern dan ilmiah. Ia pun tidak ingin menganggap tabu pembicaraan soal seks dengan anak. Lalu sang ibu pun menjelaskan pada Yanto bahwa segalanya berawal dari hubungan seksual antara ayah dan ibunya, lalu diikuti proses pertemuan antara sperma dan telur yang kemudian menghasilkan pembuahan, lalu tumbuh jadi janin dalam rahimnya yang dilanjutkan dengan perkembangan bertahap hingga 9 bulan yang kemudian diakhiri dengan lahirnya Yanto melalui vagina ibunya.
Yanto mendengarkan penjelasan ibunya dengan wajah penuh tanda tanya. Lalu ia berkomentar:
“Wah kok rumit sekali ya? Temanku ditanya Bu guru dari mana asalnya, dan dia menjawab ASALNYA DARI SOLO”
Dan ibunya Yanto langsung pucat, diam seperti burung bango mati berdiri.
Hihi kasian banget ibunya Yanto. Nah pertanyaan pertama saya adalah gimana caranya agar orang tua bisa dengan santai bicara soal seks kepada anak? Kedua, tetangga saya kesulitan menjelaskan pada anak2nya ketika mereka bertanya tentang apa arti judul2 film layar lebar saat ini: MUKA PENGEN, KAWIN KONTRAK LAGI, KALAU MAS SUKA MASUKIN AJA (ampuuuuuun film Indonesiaaa..). Silahkan dijawab beramai-ramai oleh pemilik blog ini dan semua pengunjungnya.. hehe..
Maya : Thanks Nathan atas pertanyaannya, coba saya mikir dulu ya.. hehe. Hi, teman2, mohon inputnya untuk teman kita Nathan donk....Thankyou berat!

Tidak ada komentar: